Arsip Berita

 

Opening Meeting Assessmen Eksternal Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2018 di Pengadilan Agama Garut

 

Garut – Senin, 12 November 2018, Pukul 08.30. Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Garut, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat menugaskan Tim Assesor Eksternal dalam rangka Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Peradilan Agama Tahun 2018. Assesment Eksternal dijadwalkan berlangsung selama dua hari dimulai sejak hari Senin, 12 November 2018 sampai dengan Selasa, 13 November 2018.

2

Pada acara opening meeting ini, Ketua Pengadilan Agama Garut Drs. Fajaruddin Effendy, M.H memberi sambutan terkait Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama Garut tahun 2018, dalam sambutannnya Drs. Fajaruddin Effendy, M.H menyatakan Pengadilan Agama Garut siap mengikuti seluruh proses surveillance, meskipun jadwal surveillance di Pengadilan Agama Garut dilaksanakan lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan sebelumya. Hal demikian tentu tidak menyurutkan semangat dan upaya seluruh komponen di Pengadilan Agama Garut untuk mempertahankan status nilai A (Excellent) yang telah diperoleh pada saat Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama tahun 2017 yang lalu.

3

Pada kesempatan ini, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H. selaku assessor menyampaikan bahwa beberapa kesulitan yang dihadapi satuan kerja ialah pemenuhan standar yang terbilang baru dari format penilaian tahun sebelumnya. Beliau juga menyampaikan kedepannya, hanya terdapat satu komite penilai yang membawahi empat lingkungan peradilan dibawah Mahkamah Agung RI. Disamping itu, proses pencanganan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dikatakan membutuhkan proses dan waktu yang panjang dalam realisasinya, sehingga kesiapan seluruh jajaran di Pengadilan Agama Garut sangat dibutuhkan.

1

 

Setelah opening meeting, assessor akan memulai proses assessment pada hari ini, Senin 12 November 2018 dengan jadwal telaah dan telusur dokumen, beliau menegaskan bahwa apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam dokumen yang diperiksa maka diadakan wawancara kepada pejabat terkait, namun apabia semua dokumen telah memenuhi dan mengikuti standar yang telah ditentukan maka tidak perlu dilakukan proses wawancara. Proses assessment pada hari ini juga untuk mengklasifikasi tingkat kepatuhan pada masing-masing unit kerja di Pengadilan Agama Garut.

Acara opening meeting ini kemudian diakhiri dengan ucapan hamdalah, dengan harapan seluruh proses surveillance di Pengadilan Agama Garut dapat berjalan lancar hingga closing meeting diadakan pada esok hari dan disertai dengan hasil (penilaian) yang maksimal. (aa&af)