Arsip Berita

Closing Meeting Asesmen Eksternal Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2018 di Pengadilan Agama Garut

Garut – Selasa 13 November 2018, Pukul 11.00 WIB. Pengadilan Agama Garut menggelar Closing Meeting Audit Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Garut. Kegiatan yang merupakan rangkaian akhir dari proses assessment oleh assessor eksternal ini di mulai pada pukul 11.00 WIB dan dihadiri oleh unsur Pimpinan Pengadilan Agama Garut, para hakim, pejabat fungsional dan struktural, staf pegawai dan honorer beserta para calon hakim. Acara dibuka dengan  membaca basmalah bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri yang dinyanyikan oleh seluruh peserta Closing Meeting Asesmen Eksternal Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).

WhatsApp Image 2018 11 14 at 09.18.35

WhatsApp Image 2018 11 14 at 09.22.04

 

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan dari Lead Asesor Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Garut Tahun 2018, Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H (Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat), dalam kesempatan ini beliau menyampaikan hasil dari proses assessment yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 11-12 November 2018. Setelah melakukan monitoring dan penelusuran dokumen, sarana dan prasarana diikuti wawancara dengan para pejabat terkait di Pengadilan Agama Garut, beliau menyimpulkan bahwa Pengadilan Agama Garut telah menerapkan prinsip akreditasi penjaminan mutu secara berkelanjutan dan konsisten. “Ini tidak luput dari peran Ketua selaku Top Manajer dan Wakil Ketua selaku Ketua Tim APM, dibantu oleh para penanggung jawab dan koordinator yang telah berusaha menjaga secara konsisten prinsip APM di lingkungan Pengadilan Agama Garut”, ungkapnya mengapresiasi kerja keras Pimpinan Pengadilan Agama Garut beserta seluruh jajaran.

PESERTA

 “Namun tak ada gading yang tak retak”, sebuah pepatah mahsyur ditengah penyampaian Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H saat mulai membahas hasil temuannya setelah melaksanakan proses audit di Pengadilan Agama Garut. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa meskipun terdapat beberapa temuan, tidak ada yang bersifat mayor. “Kalau pun ada beberapa hal yang harus diperbaiki, hanya bersifat minor, hanya berupa masukan-masukan yang sifatnya butuh perbaikan kecil saja ” jelasnya.

peserta 2

Selama berlangsungnya assessment ini, Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H juga memaparkan bahwa ia bertugas untuk melakukan penilaian terhadap implementasi sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Beliau kembali mengapresiasi Pengadilan Agama Garut karena berdasarkan penilaian, Pengadilan Agama Garut berhasil memperoleh penilaian dengan presentasi sebesar 87%, “Karena presentase penilaian sudah diatas 80% berarti berhak memperoleh predikat excellent” tuturnya. Di akhir pemaparannya, Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H menyerahkan hasil assessment yang berupa dokumen permintaan perbaikan kepada Ketua Pengadilan Agama Garut.

WhatsApp Image 2018 11 14 at 09.18.341

Senada dengan Drs. H. Achmad Jufri, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Garut, Drs. Fajaruddin Effendy, M.H juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mempersiapkan pelaksanaan audit eksternal surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu tahun 2018 ini. Sebelum menutup kegiatan secara resmi, beliau dalam kesempatan ini juga mengingatkan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Garut untuk segera melengkapi kekurangan dan melakukan perbaikan (penyempurnaan) pada hal-hal yang telah disampaikan oleh auditor eksternal.

sekretaris kpta

WhatsApp Image 2018 11 14 at 09.18.34

wakil

pak dihyah

bu ine

pak

Sebagai bukti keseriusan untuk melaksanakan perbaikan maka dilaksanakan penandatanganan perjanjian kontrak kinerja yang ditanda tangani oleh Koordinator Asesor Internal, Koordinator tim survey kepuasan masyarakat, Koordinator pengendali dokumen, Ketua Akreditasi Penjaminan Mutu, Ketua Pengadilan Agama Garut,  dan Lead Asesor Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Garut Tahun 2018. Acara ini kemudian diakhiri dengan do’a dan foto bersama. (is,aa,af,rfs)