Arsip Berita

Penutupan PKP Mahasiswa STAI Al- Musaddadiyah Garut di Pengadilan Agama Garut Kelas I A

 

Garut, 23 November 2018 - Setelah 1 (satu) bulan melaksanakan Praktik Kerja Profesi (PKP) di Pengadilan Agama Garut Kelas I A, Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut akhirnya mengadakan penutupan kegiatan PKP pada Jumat 23 November 2018. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Pembimbing, Panitera Pengadilan Agama Garut, Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dan Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut yang telah melaksanakan PKP yang berjumlah 18 orang.

WhatsApp Image 2018 11 23 at 09.34.38

Selama PKP Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut ditempatkan di beberapa unit di Kepaniteraan Pengadilan Agama Garut. Dalam praktiknya, para mahasiswa ditempatkan sebagai Staf Pembantu Panmud Hukum, Staf Pembantu Panmud Gugatan, Staf Pembantu Panmud Permohonan, Staf Pembantu Arsiparis dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut juga melakukan Praktik Persidangan semu yang dibimbing langsung oleh Hakim PA Garut.

WhatsApp Image 2018 11 23 at 09.34.36

Tujuan dari Pelaksanaan PKP ini adalah untuk mengaktualisasikan teori-teori yang didapat di bangku kuliah dalam realitas dunia kerja. Dan juga untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa Al-Musaddadiyah Garut untuk menggali pengetahuan seputar Pengadilan Agama khususnya pada bagaian administrasi kepaniteraan, dan juga memberikan pengalaman praktik beracara dalam persidangan di Pengadilan Agama.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAI Al-Musaddadiyah Garut, Drs. H. Sasa Sunarsa, M.A., sangat berterima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua, Hakim Pembimbing, dan seluruh Pejabat Fungsional dan Struktural PA Garut atas bantuan, bimbingan dan fasilitas yang diberikan kepada Mahasiswa Al-Musaddadiyah PA Garut dalam pelaksanaan PKP di PA Garut, dan beliau memohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekhilafan selama PKP berlangsung di PA Garut.

WhatsApp Image 2018 11 23 at 09.34.30

Ketua PA Garut dalam sambutannya mengatakan bahwa PA Garut juga sangat berterima kasih kepada STAI Al-Musaddadiyah, karena selama ini dapat membantu meringankan pekerjaan pegawai pada Unit Kepaniteraan PA Garut. Ketua PA Garut juga mengharapkan seluruh Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut yang telah melaksanakan PKP di PA Garut, dapat memahami seluruh adminisitrasi Kepaniteraan di Peradilan Agama, baik secara teori maupun praktik, karena bisa saja suatu hari nanti akan menjadi Calon Hakim, Calon Panitera, Calon Panitera Muda, Calon Panitera Pengganti, dan Calon Jurusita atau Jurusita Pengganti. Pada penutupan sambutannya, Ketua PA Garut berpesan agar Mahasiswa STAI Al-Musaddadiyah Garut yang sedang PKP di PA Garut menjadikan kuliah bukan ajang untuk mencari kerja, tapi merupakan ajang untuk mencari ilmu. Karena, Jika ilmu yang dicari, maka pekerjaanlah yang akan datang dengan sendirinya.

WhatsApp Image 2018 11 23 at 09.34.291

WhatsApp Image 2018 11 23 at 09.34.23

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada Ketua Pengadilan Agama garut oleh Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAI Al-Musaddadiyah Garut. Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan foto bersama. (kh&af)