Arsip Berita

Acara Sosialisasi dan Launching Aplikasi SIPAGAR

(Sistem Informasi Perkara Pengadilan Agama Garut)

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Pengadilan Agama Garut selalu berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Langkah inovatif dalam pelayanan informasi perkara dan putusan diwujudkan dengan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para pihak untuk mendapat informasi tentang jadwal sidang, akte cerai dan penetapan/putusan. Aplikasi ini diberi nama SIPAGAR (Sistem Informasi Perkara Pengadilan Agama Garut).

WhatsApp Image 2019 01 09 at 09.08.53

Hari ini, Rabu 09 Januari 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Garut, diadakan acara sosialisai dan lauching aplikasi SIPAGAR. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Pejabat Struktural dan Fungsional, Para Hakim, Calon Hakim dan seluruh Pegawai di Pengadilan Agama Garut serta pengacara dan dihadiri juga oleh masyarakat pencari keadilan. Acara ini dipandu dan dibuka langsung oleh Dewi Purnama, S.H.I. dan dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi oleh Astwin Sepka Gumelar.

WhatsApp Image 2019 01 09 at 09.09.53

SIRINE

Prosesi launching aplikasi SI-PAGAR dilakukan langsung oleh  Drs. Fajaruddin Effendy M.H. (Ketua Pengadilan Agama Garut) didampingi oleh Drs. H. Adroni (Wakil Ketua), Drs. H. Dadang Zaenal , M.M. (Panitera) dan Indra Ari Setiawan, S.H. (Sekretaris) dengan bersama-sama membaca basmalah dan menyalakan sirine secara simbolik sebagai tanda bahwa aplikasi SIPAGAR secara resmi dapat digunakan. Pada prosesi ini juga ditampilkan video tutorial penggunaan aplikasi SIPAGAR, mulai dari register, tata cara pengisian data, dan output atau informasi dari aplikasi SIPAGAR.

WhatsApp Image 2019 01 09 at 09.09.52 2

Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Agama Garut, beliau menyampaikan bahwasanya Pengadilan Agama Garut dalam rangka upaya mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berinovasi dengan membuat aplikasi SIPAGAR yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, agar dapat memperoleh informasi tentang produk pengadilan dan juga sebagai realisasi keterbukaan informasi publik.

EP

Aplikasi SI-PAGAR merupakan karya Tim IT Pengadilan Agama Garut yang dikoordinir oleh Muhammad Hidayatulloh, S.T. Aplikasi ini dapat diakses dan di-download secara gratis melalui Playstore pada handphone (gadget) berbasis sistem Android. Penghujung sambutannya, beliau menghimbau kepada seluruh unit di Pengadilan Agama Garut untuk bersinergi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Abdul Fatah.

Untuk video tutorial aplikasi SIPAGAR dapat diakses pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=onxdzSY-YPg

(Af&Aa)