Arsip Berita

Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Rapat Pembinaan Bidang Kepaniteraan 

Di Pengadilan Agama Garut 

Pengadilan Agama Garut, 18 Februari 2019, Sudah menjadi rutinias di Pengadilan Agama Garut, untuk memperingati Hari Kesadaran Nasional pada tanggal tujuh belas setiap bulannya. Dikarenakan tanggal 17 Februari 2019 bertepatan dengan hari libur maka upacara dilaksanakan pada hari Senin tanggal 18 Februari 2019, upacara ini dilaksanakan dengan harapan agar para Pimpinan dan Pegawai di Pengadilan Agama Garut dapat memperingati dan mengenang perjuangan para Pahlawan setiap bulannya. Sehingga semangat untuk berjuang dan mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dapat terbarukan. Karena itu, upacara yang diselenggarakan setiap bulannya ini, wajib diikuti oleh setiap Pimpinan maupun pegawai pada Pengadilan Agama Garut, tanpa terkecuali.

WhatsApp Image 2019 02 18 at 10.53.44 5

Pada upacara ini, yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Yang Mulia Hakim Pengadilan Agama Garut, Drs. Isyam Sambas Rosyi, S.H. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa seluruh Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Garut harus dapat bekerja secara profesional, jujur, adil dan disiplin sesuai dengan isi dari Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia. Selain itu beliau mengharapkan agar seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Garut agar lebih mawas diri karena kedudukannya sebagai abdi masyarakat maka harus senantiasa memberikan pelayanan yang prima sebagai bentuk rasionalisasi amanah yang telah diberikan oleh Negara. Upacara diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Yang Mulia Bapak Drs. Abdul Fatah.

WhatsApp Image 2019 02 18 at 10.53.44 6

WhatsApp Image 2019 02 18 at 10.53.44 3

Setelah upacara, acara selanjutnya adalah rapat pembinaan kepaniteraan yang dihadiri oleh Pimpinan, Hakim, Panitera Pengganti, dan Cakim. Acara ini dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Garut. Dalam uraiannya, Ketua Pengadilan Agama Garut Drs. Fajaruddin Effendy M.H. menyambaikan bahwa ada tiga komponen dalam penilaian di Pengadilan Agama yaitu keperkaraan (SIPP, E-Court dan pengiriman berkas perkara kasasi atau Peninjauan Kembali), manajemen peradilan dan LHKPN dan Pengawasan. Dan untuk meningkatkan kinerja keperkaraan, beliau menghimbau untuk pihak-pihak yang bertugas dalam keperkaraan secara langsung agar meningkatkan sineregitasnya baik dalam input data maupun alur berkas perkara, serta peran tim IT untuk memastikan SIPP, jaringan internet dan perangkat lunak lainnya bekerja dengan baik, sehingga tujuan one day one publish dapat terlaksana.

WhatsApp Image 2019 02 18 at 10.53.44

WhatsApp Image 2019 02 18 at 10.53.44 1

Selanjutnya, Panitera Pengadilan Agama Garut, Drs. H. Dadang Zaenal, M.M. Menyampaikan bahwa kepaniteraan akan melakukan rapat lanjutan untuk pembahasan teknis mengenai percepatan penanganan perkara di Pengadilan Agama Garut, terkait asistensi dan optimalisasi SIPP sehingga dapat membantu para Hakim dan Penitera Pengganti dalam menginput data keperkaraan serta mempercepat proses alur berkas. Selanjutnya dibuka sesi tanya jawab dan masukan dari para peserta rapat yang dimoderatori oleh Sekretaris Pengadilan Agama Garut, Indra Ari Setiawan, S.H., dan akhirnya rapat ditutup dengan membaca hamdalah bersama. (AF)