Arsip Berita

Peringatan Isra Mi’raj di Masjid Al Mahkamah Pengadilan Agama Garut

Garut-Senin 01 April 2019, Pengadilan Agama Garut menyelenggarakan acara “Peringatan Isra’ Mi’raj 25 Rajab 1440 H” di Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Agama Garut. Acara ini diinisiasi oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Mahkamah sebagai sarana untuk menggali hikmah-hikmah di balik peristiwa peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. dan juga sebagai wadah bagi warga Pengadilan Agama Garut sebagai majelis dzikir dan fikir.

WhatsApp Image 2019 04 04 at 11.08.20

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Yang Mulia Drs. H. Abdul Najib Affandi Yakub, M.H.. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Garut Yang Mulia Drs. H. Fajaruddin Effendy,M.H ., sekaligus sebagai Pembina dan Penasihat DKM Masjid Al-Mahkamah. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi acara-acara keagamaan untuk diadakan secara berkelanjutan di Pengadilan Agama Garut, selain untuk meningkatkan wawasan keislaman dan juga dalam rangka implementasi Zona Integritas, dengan melibatkan pihak luar yang dalam acara ini menghadirkan K.H. Dr. H. Suherman, SH.,MSi. yaitu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.

WhatsApp Image 2019 04 04 at 11.08.17

WhatsApp Image 2019 04 04 at 11.08.15

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh K.H. Dr. H. Suherman, SH.,MSi.. adapun ringkasan materi yang disampaikan adalah beliau mengingatkan kembali bahwa peristiwa isra’ miraj sebagai sebuah peristiwa yang luar biasa yang hanya dapat diterima dengan keimanan yang kuat, selain itu ada proses hijrah -perpindahan dari satu tempat ke tempat lain- (pen.) di dalamnya, dimana Nabi Muhammad SAW melaksanakan isra’ (Mekah-Masjidil Aqsha) dan mi’raj (Masjidil Aqsha-Sidrah al-Muntaha). Semangat hijrah ini pula yang harus diikuti dengan melaksanakan sunah-sunah dalam kehidupan sehari-hari. Beliau mencontohkan beberapa sunah diantaranya yaitu memperbanyak istighfar, patuh dalam mengeluarkan zakat, gemar bersedekah, rutin membaca Al-Qur’an, melaksanakan shalat Duha sebelum beraktifitas dan menjaga wudhu agar senantiasa mendapatkan ketenangan hati sehingga terjaga dari hal-hal yang dapat mengarah kepada kemaksiatan.

WhatsApp Image 2019 04 04 at 11.08.20 1

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Yang Mulia Drs. Abdul Fatah. (AF&AA)