Arsip Berita

Upacara Hari Kesadaran Nasional di Pengadilan Agama Garut

 

Pengadilan Agama Garut, 17 Juli 2019, Sudah menjadi rutinias di Pengadilan Agama Garut, untuk memperingati Hari Kesadaran Nasional pada tanggal tujuh belas setiap bulannya. Upacara ini dilakukan setiap tanggal 17, karena diambil dari tanggal Kemerdekaan Indonesia dengan harapan agar para Pimpinan dan Pegawai di Pengadilan Agama Garut dapat memperingati dan mengenang perjuangan para Pahlawan setiap bulannya. Sehingga semangat untuk berjuang dan mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dapat terbarukan. Karena itu, upacara yang diselenggarakan setiap bulannya ini, wajib diikuti oleh setiap Pimpinan maupun pegawai pada Pengadilan Agama Garut, tanpa terkecuali.

WhatsApp Image 2019 07 22 at 09.16.26

Pada upacara ini, yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Yang Mulia Ketua Pengadilan Agama Garut, Bapak Drs. Bahruddin, M.H.. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa seluruh Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Garut harus dapat bekerja secara profesional, jujur, adil dan disiplin sesuai dengan isi dari Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2019 07 22 at 09.16.27

Peningkatan pelayanan para pencari keadilan juga harus menjadi prioritas dan menjadi perhatian serius. Semua proses penanganan perkara harus diselesaikan sesuai dengan tenggang waktu yang diberikan. Jangan sampai ada para pencari pengadilan yang merasa dirugikan dan tidak dapat dilayani dengan baik. Selain itu proses administrasi perkara melalui aplikasi SIPP harus ditingkatkan demi menunjang tertib administrasi dan juga berpengaruh terhadap penilaian SIPP mingguan, oleh karenanya semua pihak yang yang berkewajiban mengisi (upload) data dalam aplikasi SIPP harus bersinergi demi meningkatkan kinerja pelaporan administrasi perkara. Selain di bidang keperkaraan, penyerapan anggaran di bagian kesekretariatan juga perlu diperhatikan. Pada tahun 2019 ini, diharapkan penyerapan anggaran dapat maksimal. Karena itu, semua program kerja harus dapat dilaksanakan sesuai dengan waktunya.

WhatsApp Image 2019 07 22 at 09.16.28

Beliau juga menambahkan bahwa Pengadilan Agama di wilayah IV Priangan Timur merealisasikan pembinaan dan pengelolaan SDM-nya pada arah kebijakan dan upaya mewujudkan kinerja pelayanan publik yang lebih nyata dan berorientasi pada pelayanan prima (excellence service). Salah satu kegiatan ini adalah diskusi hukum, dalam diskusi hukum ini, ada beberapa materi yang menjadi topik pembahasan yaitu tentang proses dan acara pemeriksaan perkara, objek perkara yang dapat diajukan ke Pengadilan Agama, administrasi perkara dan acara pemeriksaan perkara, alat bukti dalam pembuktian, analisisi surat gugatan, dan kewenangan mengadili. Upacara diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Ade Fauzi, Lc (Cakim). (AF)