Arsip Berita

Upacara Hari Kesadaran Nasional 

Di Pengadilan Agama Garut

Garut, 17 September 2019, Sudah menjadi rutinias di Pengadilan Agama Garut, untuk memperingati Hari Kesadaran Nasional pada tanggal tujuh belas setiap bulannya. Upacara ini dilakukan setiap tanggal 17, karena diambil dari tanggal Kemerdekaan Indonesia dengan harapan agar para Pimpinan dan Pegawai di Pengadilan Agama Garut dapat memperingati dan mengenang perjuangan para Pahlawan setiap bulannya. Sehingga semangat untuk berjuang dan mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dapat terbarukan. Karena itu, upacara yang diselenggarakan setiap bulannya ini, wajib diikuti oleh setiap Pimpinan maupun pegawai pada Pengadilan Agama Garut, tanpa terkecuali.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 11.07.50

Pada upacara ini, yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Yang Mulia Ketua Pengadilan Agama Garut, Drs. Bahruddin, M.H.. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa sebagai abdi negara, para Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Garut harus dapat bekerja secara profesional, jujur, adil dan disiplin sesuai dengan isi dari Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 11.07.50 4

Selain itu, sesuai dengan Perencanaan Jangka Panjang Badan Peradilan Indonesia, yang disebut Cetak Biru (Blue Print) Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035 dan guna lebih mempertajam arah dan langkah dalam mencapai cita-cita pembaruan badan peradilan secara utuh, Mahkamah Agung berhasil menyepakati visi serta misi yang akan dicapai dalam 25 (dua puluh lima) tahun mendatang. Dengan Visi “Mewujudkan Badan Peradilan yang Agung”  yang akan menjadi arah dan tujuan bagi setiap pengembangan program dan kegiatan yang akan dilakukan di area-area fungsi teknis dan fungsi pendukung serta fungsi akuntabilitas.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 11.07.50 1

Mahkamah Agung sudah mengambil beberapa kebijakan misalnya dalam peningkatan pelayanan publikseperti menerapkan standar Pelayanan Satu Pintu sebagaiman SK Dirjen Badilag Nomor 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan Agama

WhatsApp Image 2019 09 17 at 11.07.50 3

Kebijakan lainnya dalam bidang Manajemen Teknologi dan Informasi (TI) dengan digulirkannya e-court (elektronik court ) sebagaimana Perma Nomor 3 Tahun 2018 yang kemudian diperkuat dengan kebijakan e-litigasi dengan dikeluarkannya Perma Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik, dengan adanya system ini maka pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat lebih sederhana, cepat dan biaya ringan sebagaimana amanat pada Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman.

WhatsApp Image 2019 09 17 at 11.07.51

Sebagai insan peradilan, sudah seyogyanya mendukung penuh seluru kebijakan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung, oleh karenaya beliau mengingatkan dan menghimbau kepada segenap Pimpinan, Hakim, Pegawai dan staff di Pengadilan Agama Garut untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja guna menjaga kemandirian peradilan agama, memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat pencari keadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan Lembaga peradilan dan menjaga kredibiltas dan transparansi. Upacara diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Khoiruddin Hasibuan, Lc., MA. (AF)