Arsip Berita

Pengawasan dan Pembinaan Rutin Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat di Pengadilan Agama Garut

Garut – pada Senin, 16 Desember 2019, dalam rangka pengawasan dan pembinaan rutin di Pengadilan Agama Garut, Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat melakukan pengawasan regular di Pengadilan Agama Garut Kelas IA. Tim ini dipimpin oleh Yang Mulia Drs. Taufiq, H.Z, M.H.I (Ketua PTA Jawa Barat) dengan anggota Drs. H. Ach. Jufri, S.H.,M.H. (Sekretaris PTA Jawa Barat).

WhatsApp Image 2019 12 16 at 09.24.51

 

Pembinaan dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Garut dengan dihadiri oleh segenap Pimpinan, Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Calon Hakim, Pegawai dan tenaga honorer. Acara dibuka oleh Yang Mulia Drs. Bahruddin, M.H. (Ketua PA Garut) dengan mengucapkan terimakasih kepada Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan, Yang Mulia Drs. Taufiq, H.Z, M.H.I dan anggotanya atas kedatangannya di Pengadilan Agama Garut guna memberikan arahan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Garut guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan kinerja. Selanjutnya, disampaiakan juga informasi tentang Pengadilan Agama Garut baik dalam bidang keperkaraan, kersekretariatan, implementasi PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan juga pelaksanaan 9 program proiritas Dirjen Badilag di Pengadilan Agama Garut.

WhatsApp Image 2019 12 16 at 09.24.46

Dalam pembinaannya, Yang Mulia Drs. Taufiq, H.Z, M.H.I menyampaiakan beberapa hal, dalam kepaniteraan yaitu beliau menghimbau kepada Hakim dan kepaniteraan agar mulai dari penerimaan berkas perkara, pemeriksaan perkara harus lebih teliti serta penyelesaian perkara harus seefisien mungkin agar penilaian dalam SIPP dapat semakin baik. Dalam kesekretariatan, bahwa penyerapan anggaran harus terencana dan terserap secara maksimal, dan pada tahun 2020 ini, anggaran pada DIPA PTA Jawa Barat mengalami peningkatan dan kedepan akan diadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) guna meningkatkan profesionalitas personal, baik di bagian kepaniteraan maupun kesekretariatan yang diharapkan dapat membantu pelaksanaan 9 program prioritas Dirjen Badilag. Terakhir beliau menyampaikan bahwa semua lini harus bahu membahu untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) guna meningkatkan kredibilitas dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

WhatsApp Image 2019 12 16 at 09.24.49

Arahan selanjutnya disampaikan oleh Drs. H. Ach. Jufri, S.H.,M.H. (Sekretaris PTA Jawa Barat), yang dalam hal ini menyampaikan bahwa demi mewujudkan birokrasi bertaraf internasional pada tahun 2024 maka profesionalita Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai berdasarkan strata pendidikan, keikutsertaan dalam diklat, pencapaian pada SKP, dan kedisiplinan. Oleh karenanya, Rencana Strategi (Renstra) harus disusun secara realistis dan akuntable sehingga output-nya adalah optimalisasi penyelesaian perkara yang menjadi core busseniss pengadilan. Selanjutnya beliau menambahkan bahwa seluruh kegiatan baik dalam hal implementasi Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tupoksi pengadilan harus dipublikasi, baik dengan menggunakan media banner, famplet, spanduk dan juga website pengadilan, dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat pencari keadilan bahwa pengadilan adalah tempat yang bersih dari pungli dan korupsi.

WhatsApp Image 2019 12 16 at 09.24.47

Akhirnya, acara ditutup oleh Drs. Bahruddin, M.H (Ketua PA Garut) dengan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Pengawas dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat atas arahan dan pencerahannya. Beliau senantiasa menghimbau kepada seluruh unit kerja di Pengadilan Agama Garut untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja agar pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat berjalan secara optimal. Acara kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama. (af)