Arsip Berita

Rapat Awal Tahun 2020 di Pengadilan Agama Garut

Garut- Kamis 02 Januari 2020 pukul 08.00 WIB, bertempat di ruang sidang utama, Pengadilan Agama Garut melaksanakan Rapat Awal Tahun. Rapat ini dihadiri oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Calon Hakim, dan para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Garut. Rapat ini dipimpin langsung oleh oleh Yang Mulia Drs. Bahruddin, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Garut) dan didampingi oleh Drs. H. Asop Ridwan, M.H. (Panitera PA Garut) dan Indra Ari Setiawan, S.H. (Sekretaris PA Garut).

WhatsApp Image 2020 01 02 at 09.32.46

Pembinaan ini diawali oleh Yang Mulia Drs. Bahruddin, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Garut). Dalam pembinaannya beliau menegaskan bahwa kita selaku bagian dari Mahkamah Agung harus senantiasa mendukung dan menjalankan kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung sesuai dengan tugas dan fungsi kita sebagai Pengadilan Agama.

Selanjutnya beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan kinerja Pengadilan Agama Garut pada tahun 2019 yang diantaranya adalah pencapaian penanganan perkara sampai dengan 31 Desember 2019 berdasarkan aplikasi SIPP sebesar 90,57% dan telah memenuhi target, yaitu dengan sisa perkara 10%. Selain itu Pengadilan Agama Garut termasuk satuan kerja dengan penyelesaian perkara diatas 60%. Adapun jumlah perkara yang ditangani adalah 6.045 perkara dengan rincian perkara gugatan 5219, voluntair 816 dan gugatan sederhana 10 perkara.

WhatsApp Image 2020 01 02 at 08.33.36

Kemudian beliau menyampaikan bahwa kebijakan-kebijkan Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag yang sustainable seperti melaksanakan Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), One Day Minute One Day Publish, e-Litigasi dan implementasi 9 aplikasi unggulan Badilag (Aplikasi Notifikasi Perkara, Informasi Produk Pengadilan, Antrian Sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center, PNBP Fungsional, e-Register, e-Keuangan). Di penghujung pembinaanya, beliau menegaskan kepada seluruh civitas Pengadilan Agama Garut bahwa seluruh kebijakan ini dapat terealisasi dengan baik dan berhasil jika kita menjalankannya dengan profesional, integritas dan bekerjasama satu sama lainnya dan pada akhirnya kinerja Pengadilan Agama Garut dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

Rapat dilanjutkan dengan pembinaan bidang kepaniteraan yang disampaikan oleh Drs. H. Asop Ridwan, M.H. (Panitera PA Garut) dan bidang kesekretaritan yang disampaikan oleh Indra Ari Setiawan, S.H. (Sekretaris PA Garut) dan diakhiri dengan Tanya jawab. (AF)