Seputar Peradilan

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jawa Barat pada hari Senin, 11 September 2017 di lantai 2 ruang serbaguna, menyelenggarakan pembinaan dan peluncuran website standar untuk PTA Jawa Barat dan Pengadilan Agama di wilayahnya dan juga meluncurkan enam aplikasi untuk penunjang kinerja baik di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan. Sebagai narasumber dalam acara pembinaan, adalah Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H., Dirjen Badilag Dr. H. Abdul Manaf, M.H sedangkan pesertanya, adalah seluruh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan agama sewilayah PTA Jawa Barat dan seluruh jajaran aparatur PTA Jawa Barat.

Sebelum dilaksanakan pembinaan terlebih dahulu dilaksanakan peluncuran Aplikasi Penunjang Kinerja diantaranya aplikasi kepaniteraan yang mencakup Sikabaya, Delegasi dan e-BIKP sedangkan dikesekretarian yaitu Aplikasi Laporan Realisasi Anggaran , Perjanjian Kinerja Tahunan dan Penilaian database Pegawai. ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H.

IMG 1375

Ketua PTA Jawa Barat sangat bangga atas terbangunnya inovasi-inovasi karya Tim Daerah (Timda IT) Jawa Barat, sehingga mudah-mudahan dapat lebih mendorong meningkatkan pelayanan kinerja di lingkungan PTA Jabar, disampaikan dalam pengantarnya.IMG 1363

Sedangkan ketua Kamar dalam sambutannnya menyampaikan apresiasi kepada para aplikator (Tim IT) yang telah membangunnya, namun ia merasa prihatin, karena sebagian besar pengembang aplikasi adalah tenaga honorer. “Tapi jangan berkecil hati karena pemerintah sudah mengeluarkan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara,” Amran Suadi membesarkan hati Tim IT PTA Jawa Barat. Ia berharap pemerintah dapat segara merealsisaikan peraturan itu dalam waktu yang tidak lama.

Sebagai bentuk apresiasi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat memberikan piagam pengharganan kepada 13 pegawai yang menjadi Tim TI Daerah Jawa Barat. Dengan mengenakan pakaian ala Kabayan dalam legenda Sunda, Tim TI Daerah Jawa Barat yang dikomandani oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar Drs. Asep Mohamad Ali Nurdin, M.H. menerima penghargaan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat yang diserahkan langsung oleh Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H.

IMG 1602

klol

IMG 1563

Amran Suadi juga berpesan untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Aparatur pengadilan juga diminta untuk tidak melakukan pungutan yang tidak sah terhadap masyarakat pencari keadilan.

“Kita harus berhati-hati, ikhlas dalam hati, berjuang sungguh-sungguh untuk terus meningkatakan pelayanan sehingga pihak yang berperkara merasa terlayani dengan baik,” tegasnya.

Beberapa aplikasi yang telah dibangun diharapkan pula dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, ia berpesan agar pengembang aplikasi dapat menularkan ilmunya kepada pegawai lain. “Sehingga ilmu itu dapat tetap hidup,” pungkasnya.