Seputar Peradilan

assesment external 2017

foto dari kiri sekretaris PA Garut (Drs. Sukar Sigit Handoyo), Wakil Ketua PA Garut (Drs. Sukar Sigit Handoyo), Ketua PA Garut (Drs. Fajaruddin Effendy, M.H),

Ketua Tim Assesor (Rustandi, S. Ag), Anggota Tim Assesor (Drs. H. Ahmad Choiran, M.H.)

Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat menugaskan Tim Assesor Eksternal untuk melakukan assesment di Pengadilan Agama Garut terkait dengan Sertifikasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama Tahun 2017.  Assesment Eksternal dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dimulai sejak hari Senin, tanggal 23 Oktober 2017 sampai dengan 25 Oktober 2017.

Dalam acara opening meeting Ketua Pengadilan Agama Garut Drs. Fajaruddin Effendy, M.H memberi sambutan  terkait Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Garut, dalam sambutannnya Drs. Fajaruddin Effendy, M.H menyatakan Pengadilan Agama Garut telah siap untuk diassesment seraya menggantungkan harapan agar kerja keras yang selama ini dilakukan dengan persiapan kurang lebih hanya 45 (empat puluh lima) hari diawali dengan pembentukan tim APM, pendeklarasian pelaksanaan APM yang diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Garut  sebagai bentuk komitmen aparatur Pengadilan Agama Garut dalam melaksanakan APM dan pemenuhan dokumen-dokumen yang berdasarkan standar akreditasi serta pemenuhan sarana dan prasarana pendukung.

proses assesment

Proses Assesment Pengadilan Agama Garut

Setelah opening meeting Tim Assesor Eksternal langsung menuju ruangan yang telah disediakan untuk melakukan telaah dokumen SAPM. Dalam pelaksanan assessment eksternal, tim yang terdiri dari 2 orang, dengan Rustandi, S. Ag sebagai Ketua Tim yang didampingi oleh anggota Tim Drs. H. Ahmad Choiran, M.H. terfokus pada pemeriksaan dokumen baik domuken kepaniteraan, dokumen manajemen, maupun dokumen kesekretariatan, berdasarkan standar akreditasi.

Dihari kedua, agenda pelaksanaan assesment eksternal adalah Telusur sistem penyelenggaraan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama di bagian Kepaniteraan, Kesekretariatan dan seluruh ruangan, untuk meninjau sejauh mana implementasi pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama di Pengadilan Agama Garut dan dihari terakhir dilakukan wawancara pimpinan dan dilanjutkan dengan penutupan assesment eksternal.

Dalam acara penutupan Rustandi, S.Ag  (Ketua Tim Assesor Ekternal PTA Jawa Barat) menyampaikan hasil pemeriksaan yang diperoleh selama Asesment baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan standar dan memberi garis besar rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti oleh Pengadilan Agama Garut. Kemudian beliau  menyerah hasil pemeriksaan assesment eksternal Pengadilan Agama Garut kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Garut Drs. H. Adroni.

assesment external 2017 tutup

Penutupan Assesment Pengadilan Agama Garut

Ketua Pengadilan Agama Garut dalam sambutannya, mengingatkan dan mengajak seluruh aparatur  Pengadilan Agama Garut untuk melakukan perbaikan secepatnya dalam pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama di Pengadilan Agama Garut dan menutup secara resmi pelaksanaan Asesment eksternal di Pengadilan Agama Garut ;