Seputar Peradilan

Pengawasan dan Pembinaan Rutin Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat di Pengadilan Agama Garut

KPTA 6

Garut - Rabu, 07 November 2018, Pukul 07.45, dalam rangka monitoring dan evaluasi rutin di Pengadilan Agama Garut, Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat melakukan pengawasan regular di Pengadilan Agama Garut Kelas IA. Tim ini langsung dipimpin oleh Yang Mulia Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. (Ketua PTA Jawa Barat) dengan anggota Drs. Muhammad Yamin, M.H. (Panitera PTA Jawa Barat). Pembinaan dan pengawasan ini meliputi administrasi kepaninteraan, administrasi persidangan dan putusan, serta optmalisasi tata kelola website.

 revisi 2

Pembinaan dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Garut dengan dihadiri oleh segenap Pimpinan, Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai, Calon Hakim, Tenaga Honorer serta beberapa Mahasiswa yang sedang melakukan observasi. Acara dibuka oleh Yang Mulia Drs. Fajaruddin Effendy M.H. (Ketua PA Garut) dengan mengucapkan terimakasih kepada Yang Mulia Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. (Ketua PTA Jawa Barat) dan Drs. Muhammad Yamin, M.H (Panitera PTA Jawa Barat) atas kedatangannya ke Pengadilan Agama Garut guna memberikan arahan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Garut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja.

 

KPTA 4

Dalam penyampaiannya, Yang Mulia Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. mengatakan bahwa monitoring kali ini fokus pada dua hal, Pertama; optimalisasi administrasi perkara pada aplikasi SIPP, Kedua; optimalisasi tata kelola website Pengadilan Agama Garut. Selanjutnya beliau menginstruksikan kepada Tim IT Pengadilan Agama Garut untuk memeriksa kembali ketersedian informasi dalam website Pengadilan Agama Garut, utamanya pada konten-konten yang tersedia dalam pilihan menu website. Setelah pemeriksaan selesai, dicapai kesepahaman bersama bahwa output keberadaan website tersebut adalah kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencari informasi tentang Pengadilan Agama dan persidangan. Beliau juga mengarahkan agar para Calon Hakim dilibatkan dalam pengelolaan website untuk membuka cakrawala pengetahuan bagi mereka.

revisi photo 1

Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. juga menjelaskan bagaimana sinkronisasi berkas perkara dengan aplikasi SIPP yang mencakup tanggal pendaftaran perkara, Penunjukan Majelis Hakim (PMH), Penunjukan PP dan Jurusita, Penetapan Hari Sidang, Minutasi hingga tanggal putusan. Tanggal yang tertera pada berkas perkara harus sama dengan data atau riwayat perkara dalam aplikasi SIPP, jika terdapat perbedaan maka harus ditinjau kembali.

Perlu diketahui, kedatangan beliau kali ini terasa istimewa karena bertepatan dengan persiapan Lomba Manajemen Peradilan Agama tahun 2018 yang telah diumumkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI. Beliau berharap Pengadilan Agama Garut dapat menorehkan prestasi pada momentum ini, dan tak lupa menghimbau kepada Ketua Pengadilan Agama Garut untuk terus memotivasi jajarannya agar selalu antusias dan bersemangat dalam mempersiapkan diri menghadapi penilaian kompetisi ini. 

KPTA 3

Akhirnya, acara ditutup oleh Drs. Fajaruddin Effendy M.H. (KPA Garut) dengan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Pengawas dan Pembinaan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat atas arahan dan pencerahannya. Beliau senantiasa menghimbau kepada seluruh unit kerja di Pengadilan Agama Garut untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja agar pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat berjalan secara optimal. Acara kemudian dilanjutkan dengan berfoto bersama. (af&aa)