Seputar Peradilan

Acara Pelepasan Calon Hakim di Pengadilan Agama Garut

Garut, Kamis (26-03-2020) Pengadilan Agama Garut menyelenggarakan acara “Acara Pelepasan Cakim di Pengadilan Agama Garut” yang bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Garut. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Cakim dan Pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Garut.

WhatsApp Image 2020 03 31 at 09.00.42

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, yang diawali oleh perwakilan Cakim, Khoirudin Hasibuan, Lc., MA. dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tutor, Mentor, Hakim dan segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Garut, yang sudah memberikan yang terbaik kepada Cakim, baik dalam pembelajaran, bimbingan, fasilitas dan juga pengalaman yang sangat berguna untuk pengembangan akademik Cakim baik dalam bidang yudisial maupun non-yudisial. Kemudian sambutan diakhiri dengan ucapan permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Garut atas segala kesalahan dan kekhilafan yang dilakukan Cakim selama ini, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, karena setiap pertemuan pasti ada perpisahan, dan setiap pertemuan pasti ada interaksi dan “gesekan”, oleh karenanya demi mengikis gesekan tersebut, alangkah indahnya ditutup dengan melapangkan hati untuk saling memaafkan, dan menjadi kenang-kenangan indah serta amal ibadah di hari kemudian.

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38 2

Sambutan selanjutnya, disampaikan oleh perwakilan Mentor, YM. Dra. Hj. Inne Noor Faidah, M.H., beliau membuka sambutannya dengan mengatkan “seperti baru kemarin, kami dipertemukan dengan Cakim, sekarang sudah harus berpisah”, namun semua adalah sunatullah yang harus dijalani. Lanjutnya, beliau menyampaikan salam dari Mentor yang tidak dapat hadir, karena sudah promosi dan mutasi, yaitu YM. Drs. Aftabudin Shofari (HPA Selawi) dan Drs. Muhammad Dihyah Wahid (WKPA Purbalingga). Lanjutnya, hubungan Mentor dan Cakim (Mentee) seperti keluarga “Kami menganggap mereka tidak hanya sebagai mentee namun kami anggap seperti anak-anak kami yang sedang menjalani pendidikan dan kami diberikan amanah untuk membimbing mereka, sehingga siap menjadi Hakim yang memiliki integritas dan kapabilitas baik dalam bidang yudisal maupun non yudisial dan mampu membawa Pengadilan Agama menjadi lebih baik di masa yang akan datang”. Berkat bantuan dan support dari seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Garut, alhamdulllah Cakim di Pengadilan Agama Garut, meraih prestasi dengan menempatkan 5 perwakilannya di peringkat 20 besar pada program Peserta Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu, yaitu Khoiruddin Hasibuan, Lc., MA (peringkat 1), Icha Satriani, S.H. (peringkat 3), Risky Fajar Sani, S.H. , M.Kn. (peringkat 9), Nurlatifah Hanum, S.H., M.H. (peringkat 14), dan Muhammad Hasan, S.H. (peringkat 15).

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38

Sambutan selanjutnya disampaikan Panitera Pengadilan Agama Garut Drs. H. Asop Ridwan, M.H., mewakili seluruh pegawai PA Garut. Beliau meyampaikan bahwa hubungan Cakim dengan Pengadilan Agama Garut adalah hubungan simbiosis mutualisme, karena masing-masing saling memberikan kontribusi dan sumbangsih sehingga, tujuan pembelajaran Cakim di PA Garut dapat tercapai, dan Kinerja PA Garut dapat meningkat. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi para Cakim dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Garut. Dan berharap semoga Cakim di Pengadilan Agama Garut, dapat menjadi Hakim yang membawa nama baik Pengadilan Agama di masing-masing satker penempatannya.

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38 1

Sambutan selanjutnya, disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Garut, YM. Drs. Bahruddin, M.H., selaku Tutor, dalam sambutannya beliau berpesan kepada Cakim yang sbentar lagi dilantik menjadi Hakim, agar ilmu-ilmu yang sudah dapat di Pengadilan Agama Garut baik di bidang Yudisial, Kepaniteraan, Kesekretariatan dalam dikembangkan di satker penempatan, dan semoga para Cakim menjadi Hakim yang menjaga Kode Etik Hakim sehingga Visi dan Misi Mahkamah Agung dapat terwujud. Selanjutnya, seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim , beliau melepas Cakim secara resmi.

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38 3

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38 4

WhatsApp Image 2020 03 31 at 08.56.38 5

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh YM. Drs. H. Abdul Mujib Affandi dan pemberian kenang-kenangan dan diakhiri dengan mushofahah. (AF)