Pengantar Ketua Pengadilan

Pengantar dari Ketua Pengadilan

Assalamu’alaikum, wr.wb.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Yang Maha Kuasa, atas berkah dan karunia-Nya, Pengadilan Agama Garut telah mampu memberikan informasi yang dimuat dalam website secara kekinian, terintegrasi dan terbuka. Informasi terkait Pengadilan Agama Garut begitu penting sebab di era digital saat ini, masyarakat umumnya dan masyarakat pencari keadilan khususnya semakin menyadari hak-hak keterbukaan informasinya tentang badan publik atau instansi pemerintah yang hendak diketahui, diantaranya termasuk informasi mengenai Pengadilan Agama Garut sebagai salah satu unsur dalam konsep trias politica yaitu unsur penegak hukum (lembaga yudikatif) sehingga Pengadilan Agama Garut termasuk dalam kategori badan publik. 

Selain dalam upaya pemenuhan kebutuhan informatif masyarakat pencari keadilan, website ini juga untuk mengimplementasikan ketentuan dalam Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 144/KMA/SK/VIII/2007 tentang keterbukaan Informasi di Pengadilan serta keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi jo. KMA No.026/KMA/SK/2012 tentang Standar Pelayanan Publik.

Pengadilan Agama Garut sejak tahun 2017 telah berdiri diatas tanah dan gedung yang representatif untuk melayani masyarakat pencari keadilan di wilayah hukumnya, yaitu di Kabupaten Garut. Sehingga Pengadilan Agama Garut sangat berkepentingan dalam menyediakan layanan informasi mengenai hal-hal yang telah dilakukan dan prestasi yang telah dicapai selama ini, serta menyampaikan perkembangan yang terjadi di Pengadilan Agama Garut. Penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah salah satu kontribusi Pengadilan Agama Garut untuk membentuk masyarakat informatif. Website ini juga diharapkan dapat menjadi bahan atau respon oleh publik untuk memberikan saran dan pendapat serta umpan balik (feed back) untuk kontinuitas kemajuan perbaikan pelayanan hukum kepada masyarakat luas.

Semoga seluruh informasi yang disediakan dalam website resmi Pengadilan Agama Garut ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian, Billaahittaufiq wa al-hidayah.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ketua Pengadilan Agama Garut

Drs. H. Fadjaruddin Effendy, M.H.

     NIP. 195910211985031002